Kekuatan Testimoni

tulisan ini sudah diterbitkan di harian waspada medan pada tanggal 08 september 2008, halaman bisnis dan ekonomi


Berikut ini saya cuplikan komentar tentang sebuah buku berjudul Laskar Pelangi, karya Andrea Hirata.
Garin Nugroho –Sineas--, “Di tengah berbagai berita dan hiburan televise tentang sekolah yang tak cukup memberi inspirasi dan spirit, maka buku ini adalah pilihan menarik. Buku ini ditulis dalam semangat realis kehidupan sekolah. Sebuah dunia tak tersentuh, sebuah semangat bersama untuk survive dalam humanisme yang menyentuh. Dalam sebuah web, ini komentar beberapa pembacanya;
dr. ahmad hudoyo - laskar pelangi 2007-10-07 16:34:00 saya nonton kickandy di Metro-tv 2 x, teman2 juga saya sms spy nonton. Buku Laskar Pelangi harusnya dibaca setiap anggota DPR dan juga setiap Menteri dalam Kabinet SBY, supaya terinspirasi: bahwa "Anggaran Pendidikan 20%" memang tidak bisa ditawar.
firo - Subhanalloh 2007-10-08 09:39:53 Saya nonton di Metro-tv, saya sampai terharu Semoga laskar pelangi bisa memberikan semangat untuk berjuang meraih kehidupan yang lebih baik bagi kita semua. Amin....
bangunbi - salut & kagum 2007-10-08 15:06:07 salut & kekaguman utk Andrea Hirata atas kontribusinya kepada kemajuan Satra Indonesia, Laskar Pelangi sangat disarankan utk dibaca oleh seluruh pejabat pemerintahan di Indonesia agar bener2 melaksanakan salah satu tujuan NKRI
tercinta ini...Mencerdaskan Kehidupan Bangsa...
Dasrizal - Salut.. 2007-10-09 07:57:38 Subhanallah, Saya sangat terharu melihat kegigihan dari Sdr Andrea, menggapai cita-citanya dari sekolah yang begitu sederhana hingga mendapat bea siswa ke luar negeri dan pengorbanan Ibu guru Muslimah yang tanpa pamrih, demi anak didiknya.
Tri H - Kehidupan adalah Rahasia Ilahi 2007-10-09 15:11:44 Hidup memang penuh misteri dan tidak ada seorang manusia-pun yang bisa meramalkannya, namun walaupun demikian kita bisa merangkai kehidupan itu untuk menggapai apa yang kita cita-citakan. Hidup adalah perjuangan, perjuangan adalah hidup....thanks buat inspirasinya Mas Andrea
Mas Parsiyo 2007-10-11 08:58:02 salut deh kau benar-benar laskar yang pantang menyerah. Mas hebat telah menginsparasi banyak orang
rien - mengharu biru, membuka hati, 2007-11-14 14:30:42 buku laskar pelangi, sepantasnya dijadikan buku wajib pegangan para pendidik dan seluruh orang tua. Setiap malam sebelum tidur saya membacakan buku tersebut kepada anak2 saya (kelas 3 dan 5 SD). Anak-anak sangat bisa menikmati ceritanya, dan bisa menginspirasi mereka agar tidak boleh putus asa/menyerah dari keadaan yang ada.
Beth 2008-01-16 18:37:32 tertawa, menangis, merenung.....ekspresi luar biasa ketika membaca LP, Sang Pemimpi dan Edensor. Ikal dan Laskar Pelangi, Jimbron dan Arai sungguh2 menjungkirbalikkan hidupku untuk akhirnya aku bisa bangkit Semakin percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah potongan-potongan mozaik dan bukan kebetulan Proficiat to Andrea Hirata
Hilmiyya Almuzibhi - benciii 2008-03-21 23:10:10 salamalikum. sumpah..! aku benci mas Andrea yg bikin aku nangis semalaman. Tau ga rasanya habis nangis langsung ketawa? asem! Keriting. berrrandalll.... ditunggu novel ke 4 nya awas telat
Masih banyak lagi komentar tentang buku ini yang tidak bisa saya cantumkan dalam tulisan kali ini. Setelah membaca komentar-komentar itu, spakah anda masih tidak ’terganggu’ untuk segera membaca buku ini? Lihatlah betapa natural komentar-komentarnya yang ditulis dengan bahasa asli si pemilik testimoni. Saya yakin, semakin banyak orang terdorong untuk membeli dan membaca buku ini.

Kekuatan testimoni;
Saya tidak sedang membantu Andrea Hirata dalam menjual bukunya. Tetapi saya ingin mengantarkan anda kepada sebuah pemikiran, bagaimana jikalau banyak orang memberikan testimoni positif atas produk anda dan testimoni itu memperkuat keinginan orang lain untuk membeli produk anda.
Saya sendiri mengamati buku laskar pelangi sempat dicetak lebih dari 18 cetakan selama hampir dua tahun. Jutaan buku tersebar hingga keluar negeri. Jutaan orang dengan sukarela mengeluarkan rupiah untuk mendapatkan buku tersebut. Tidak sedikit antrian di toko buku untuk mendapatkan buku tersebut. Ini adalah sebuah prestasi yang luar biasa di negeri yang tidak memiliki kultur membaca.
Bagaimana semua pembaca tersebut mendapatkan referensi untuk membeli buku tersebut, jelas melalui berbagai jalur referensi yang luar biasa mencolok. Benar ada promosi melalui toko buku, berita di media massa dlll, tetapi kekuatan terbesar dari larisnya buku tersebut adalah banyaknya testimoni dan komentar postif beredar luas di berbagai medai publik seperti internet dll. Satu persatu pembacanya dengan penuh semangat memberikan rekomendasi kepada orang lain untuk membaca buku tersebut. Dan itulah... kisah sukes dari sebuah produk unggul yang diperkuat oleh kekuatan testimoni.
Bagi saya, testimoni bermakna kesaksian, pembuktian melalui pengalaman langsung. Dan itu berarti apapun yang disebutkan dalam kesaksian itu adalah sebuah kenyataan yang pernah dialami seseorang. Tentu saja, jauh lebih bernilai daripada pengakuan seseorang atas dirinya sendiri. Ini sangat penting, karena publik mengakui kredibilitas seseorang bukan dari pengakuannya tetapi apa yang ditunjukkannya.

Promosi dengan testimoni
Ini sudah dilakukan oleh banyak usaha besar. Lihatnya di berbagai media, ada beberapa orang yang berbicara hebatnya sabun pembersih, sabun kecantikan dan oli mobil unggulan. Konsep promosi ini sangat tepat dengan kultur Indonesia yang menganggap membesarkan diri sendiri adalah sikap bodoh dan sombong.
Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam berpromosi melalui testimoni. Yang pertama, pilihlah nara sumber yang kredibel. Kan tidak lucu seorang petani mengomentari kecanggihan komputer. Kedua, pastikan nara sumber benar-benar pernah merasakan/mengalami menggunakan produk yang akan dipromosikan. Ketiga, gunakan bahasa si nara sumber secara natural dan tidak dibuat-buat. Keempat, ikuti kaedah-kaedah promosi sebagaimana biasanya. Seperti kontrak dengan nara sumber agar nara sumber mengijinkan kita menggunakan testimoninya untuk keperluan promosi kita.
Sekali lagi saya sampaikan bahwa sebagian besar penduduk negeri ini masih sangat percaya kepada referensi sebagai alasan dalam memutuskan sesuatu. Artinya, testimoni adalah satu bentuk kampanye promosi yang masih sangat efektif.
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Anthony Harman
AUTHOR
September 8, 2008 at 6:10 PM delete

Petunjuk yang sangat berguna, pak. Boleh saya muat di salah satu blog saya?

Reply
avatar
Cahyo Pramono
AUTHOR
September 9, 2008 at 4:53 PM delete

terimakasih pak anthony, silahkan saja pak. syukur2 anda sebutkan sumbernya dari saya.
salam

Reply
avatar