Segera Mulai Bisnismu

tulisan ini sudah diterbitkan di harian waspada medan, pada tanggal 27 juli 2009, di halaman bisnis dan terknologi
========

Angankan apa yang engkau ingin angankan;
pergilah kemana engkau ingin pergi;
jadilah seperti yang engkau kehendaki

Sebab hidup hanya satu kali dan engkau hanya memiliki satu kesempatan untuk melakukan segala hal yang engkau ingin lakukan

Semoga engkau punya cukup kebahagiaan untuk membuatmu tersenyum,
cukup pencobaan untuk membuatmu kuat,
cukup penderitaan untuk tetap menjadikanmu manusiawi, dan
cukup pengharapan untuk menjadikanmu bahagia.
(sumber tidak diketahui)

JIKA angan dan mimpi untuk berbisnis datang, segeralah lakukan. Jangan tunda-tunda. Kesempatan tidak datang berkali-kali. Proses pembelajaran semesta akan membawa anda menjadi pebisnis seperti yang dicita-citakan. Tentu saja dengan merealisasikannya sesegera mungkin. Bukan menunggu tak menentu apalagi sekadar berkhayal. Ingat kesempatan tidak datang berkali-kali.
MEMULAI sebuah bisnis ternyata tidak saja membutuhkan kekuatan material dan teknikal, tetapi lebih banyak membutuhkan kekuatan mental. Diperlukan kenekatan dan keberanian untuk segera memulainya. Berani sukses dan berani gagal, apapun yang terjadi nanti.
Semua kemampuan teknikal saya yakin mudah dipelajari, keperluan material juga bisa dipenuhi. Tetapi kekuatan mental untuk bisa segera mulai, sabar didalam melaksanakannya, tangguh bertahan dalam kesulitan dan daya kreativitas untuk berkembang adalah harta yang teramat penting.
Disisi lain, waktu terus berjalan dan mengurangi jatah kita untuk hidup di bumi ini. Konon kesempatan juga lebih banyak datang hanya sekali.
Tulisan ini saya dedikasikan kepada para pengirim pertanyaan melalui email yang saya anggap sudah mampu untuk memulai berbisnis tetapi masih terlalu banyak berfikir, menimbang atau bahkan ketakutan untuk segera memulainya.
Bagi saya bisnis hanyalah sebagaian dari berbagai permainan hidup yang harus kita pilih dan jalani. Semua permainan itu tentu ada konsekuensi logisnya. Termasuk jika kita kalah dalam permainan itu. Dan kalah adalah bagian yang tidak terpisahkan dari menang. Artinya, berani menang harusnya juga berani kalah.
Itu adalah alasan yang bagus untuk tidak lagi terganggu dengan potensi-potensi kekalahan. Karena semuanya berpotensi yang sama, artinya tetap ada peluang untuk menang dan sukses. Lalu bagaimana anda akan tahu kalau anda akan sukses, jika anda tidak segera mencobanya.

Hobby
Baiklah, sekadar untuk menghibur hati akan ketakutan kegagalan, ada baiknya anda memilih bisnis dari yang anda senangi. –tentu lebih baik bisnis hobby yang dikerjakan tanpa baying-bayang rasa takut untuk gagal--.
Berbisnis dari hal-hal yang disenangi, akan memberikan efek totalitas, dimana batin dan pikiran akan fokus kepadanya. Karena alasan kesenangan juga, jika kita bertemu hal-hal yang sedikit berbau kesusahan atau sedikit rugi pada awalnya jelas tidak akan memberikan efek sakit yang mendalam.
Kehadiran batin dalam bisnis sangatlah penting, karena akan memberikan efek fokus kepadanya. Batin yang hadir akan membawa keperdulian yang dalam. Keperdulian akan membawa diri kepada kewaspadaan dan kesadaran yang sangat penting untuk kepentingan bisnis itu sendiri.

Takkan lari gunung dikejar
Seperti filosofi menaiki gunung tinggi, sebenaranya bukanlah kita menaklukan gunung tersebut, karena alam tak pernah bisa ditaklukkan. Tetapi yang ada adalah proses menaklukkan diri sendiri. Mencoba mengalahkan berbagai hambatan batin dan pikiran-pikiran negative untuk bisa memompa motivasi diri agar sanggup menapaki gunug tersebut.
Menaiki gunung, seharusnya tidak secara emosional hanya berfikir puncaknya saja. Tetapi beri kesempatan agar kita menikmati prosesnya. Tahap demi tahap, langkah demi langkah dengan tetap berorientasi kepada puncaknya. Demikian juga dalam berbisnis. Jangan lupakan proses untuk mencapai sukses. Semua sukses dibangun dengan proses. Ikuti tahap-tahapnya.
Hindarkan untuk meghalalkan segala cara dalam berupaya mencapai puncaknya. Hormati juga lingkungan. Pahami potensi-potensi lingkungan. Pahami dimana saja sumber air, lokasi berteduh dan potensi cuaca. Waspadai potensi hujan badai, potensi tebing curam dan batuan yang mudah longsor. Begitu juga dalam berbisnis. Pelajari semua potensi yang ada, pelajari situasi lingkungan, apa saja hal-hal yang bisa mendukung dan memudahkan bisnis dan pelajari ancaman Galanglah semua potensi-potensi tersebut. Manfaatkan semaksimal mungkin tanpa harus merusaknya. Karena kita akan memerlukannya suatu saat nanti.
Jika ternyata kita merasa lelah yang amat sangat, beristirahatlah, tapi ingat, jangan pernah menyerah dan mengundurkan diri. Dan istirahat yang tidak terlalu lama adalah istirahat yang baik. Istirahat yang terlalu lama, akan membangkitkan jiwa malas. Istirahat yang terlalu lama sebelum mencapai puncak, hanya akan mengumpulkan segunung alasan agar kita tidak sukses. Istirahat yang terlalu lama akan membelai jiwa untuk menenangkan diri dengan berbagai alasan agar kita menghalalkan kegagalan. Ingat selalu peribahasa kuno ini;
Kalau anda lunak terhadap diri anda, Kehidupan akan keras terhadap diri anda.
Kalau anda keras terhadap diri anda, Kehidupan akan lunak terhadap diri anda


Mental pemenang
Semua orang memiliki potensi untuk menjadi pemenang. Hanya saja ada yang mengasahnya dengan baik dan ada juga yang membiarkannya terkulai lemah dan terpendam.
Semua itu memerlukan pelatihan dan pembiasaan. Begitu kita biarkan diri kita untuk mencoba berjalan, mencoba bangkit setiap kali jatuh, mencoba tegar manakala badai perasaan melanda dan seterusnya, lama-lama kita akan terbiasa untuk tidak mudah patah dan kalah. Semuanya memerlukan pembiasaan.
Yang terakhir, sekali lagi bagi anda yang masih ragu untuk segera mulai bisnis anda, saya katakana tidak ada alasan untuk menundanya. Jikalah anda rugi secara financial, pasti anda akan tetap beruntung dalam pengalaman dan wawasan yang akan membawa kedewasaan batin yang lebih baik.
Jangan tunggu siapa-siapa lagi. Tak usah tunggu semuanya menjadi sempurna dahulu baru kemudian bergerak. Karena dunia ini tidak ada yang sempurna. Segeralah tolong diri anda sendiri, karena orang lain hanya bisa melihat.

Ketika engkau dilahirkan, engkau menangis sementara semua orang di sekelilingmu tersenyum. Jalani hidupmu sedemikian rupa, hingga pada akhirnya engkaulah satu-satunya yang tersenyum sementara semua orang di sekelilingmu menangis.
Konsultasi & Pelatihan, tj@cahyopramono.com
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Ari
AUTHOR
September 10, 2009 at 12:21 PM delete

Wah, motivasi yang mantab Pak! Saya sendiri mau coba pulang ke Medan nih dengan kebuntech.com :) Kalau butuh bantuan jasa IT terutama yg berhubungan dengan open source, ajak-ajak saya ya Pak :D

Reply
avatar