JUALAN SOLUSI

Artikel ini sudah diterbitkan di Harian Medan Binis pada tanggl 25 Mei 2015, dihalaman 7. Diperbolehkan mengcopy dan menyebarkan dengan selalu menyebutkan sumbernya.

Sebelum saya memulai tulisan ini, saya ingin menyampaikan permohonan maaf kepada para pembaca yang sudah menyampaikan pertanyaan melalui email saya tj@cahyopramono.com khususnya yang jawabannya diluar topik seputar produk, baik dari kemasan, penamaan dan pemilihan produk. Saya ingin menuliskan artikel mingguan ini secara bertahap dan beruntun mulai dari bahasan produkhingga saatnya nanti akan sampai pada topik strategi-stragi bisnis seperti konsep pemasaran, promosi, penjualan, kepegawaian, tata kelola keuangan, dan strategi bisnis lainnya.

       KALI ini saya tuliskan pengalaman seorang kenalan baru di kota Binjai. Ia sudah menjalankan bisnis dengan model ini bertahun-tahun dan hingga kini masih bertahan bahkan cenderung membesar.
           Yang ia jual adalah pelayanan pemberian solusi kepada para pedagang yang berada dikota-nya. Ternyata pedagang di pasar-pasar tradisional adalah pasar yang nyentrik. Mereka berdagang untuk mencari keuntungan dengan konsentrasi yang luar biasa, sehingga kadang mereka tidak punya waktu untuk mencari dan berbelanja untuk kebutuhannya sendiri.
Para pedagang ini juga memiliki daya beli yang cukup potensial asal tidak membayar dengan tunai, karena mereka memerlukan dana untuk perputaran bisnisnya. Para pedagang yang sudah kerepotan mengurus bisnisnya, sungguh sangat membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan masalah pemenuhan kebutuhannya.

MENJUAL SEMUA PRODUK
Kenalan baru ini melayani pembelian apapun dari para pelanggannya. Pelanggannya hanya perlu menyebutkan kebutuhannya dan ia akan membelikan serta mengantarkannya ke rumah pelanggan tersebut.
Dari produk eleltronik kebutuhan rumah tangga seharga ratusan ribu hingga alat komunikasi canggih berharga jutaan rupiah. Dari kursi tamu hingga perlengkapan dapur. Pembelian itu tidak terbatas hingga pengantaran ke rumah saja tetapi juga pemasangan hingga penanganan reparasi jika ada yang bermasalah dikemudian hari.
Bahkan ketika anak si pelanggan memerlukan reparasi sepeda motornya, ia akan menghubungi pihak bengkel dan semuanya akan beres ia tangani.

MEMUDAHKAN PEMBAYARAN
             Karena pedagang yang menjadi pasar tersebut juga memerlukan dana tunai untuk perputaran bisnisnya, maka kenalan saya tersebut memudahkan pembayarannya dengan sistem kredit.
         Sistem kredit ini sangat membantu pelanggan dan memberikan ikatan jangka panjang yang semakin dalam dan akrab.
            Tentu saja kenalan saya tersebut memperhitungkan nilai keuntungan dan beban nilai uangnya pada saat kesepakatan harga dibuatnya. Mereka bersepakat menentukan nilai cicilan dan jangka waktunya.
          Semua pelayanan itu bernilai rupiah yang tidak dikeluhkan oleh pelanggannya. Mulai dari biaya pengiriman, pemasangan hingga perbaikan-perbaikan uang diperlukan sesudahnya.
              Kenalan saya hanya perlu menagihnya setiap hari sesuai dengan kesepakatan. Dan yang menarik adalah bahwa para pelanggannya bahkan ada yang sengaja ‘menabung’ kepadanya setiap hari ketika cicilannya sudah lunas. Mereka menabung hingga memutuskan untuk membeli barang kebutuhannya.

KEPERCAYAAN
Ternyata, lagi-lagi kunci sukses ini juga sama seperti bisnis pelayanan yang lainnya yaitu kepercayaan. Sangat sulit untuk memulai dan menumbuhkan rasa percaya. Harus dirintis secara bertahap dan dibuktikan dalam aksi-aksi nyata setiap waktu.
Mulai dari ketepatan waktu yang dijanjikan, ketepatan produk yang dipilih dan yang penting adalah proses transaksi ini dilakukan dengan etik dan memberikan rasa nyaman kepada semua pihak.
Kepercayaan itu terus bertumbuh seiring pemberian solusi yang semakin memudahkan para pelanggan. Tidak heran, ketika para pelanggan ini bahkan mempercayakan pembelian hewan kurban tahun depan kepada kenalan saya ini dan seperti biasa, kenalan saya ini juga yang akan mengatur penyembelihan hingga pembagian dagingnya.
Saya meyakini, bahwa memberikan solusi adalah kasta tertinggi dari teknis menjual yang ada. Pemberi solusi terhidar dari merendahkan diri memohon seseorang untuk membeli produknya.

                                         Konsultasi & Pelatihan; tj@cahyopramono.com


Previous
Next Post »