JATUH KE ATAS KASUR (Tips Pindah Quadrant)

Artikel ini sudah diterbitkan di Harian Medan Bisnis pada tanggal 16 November 2015, dihalaman 7. Diperbolehkan mengcopy dan menyebarkan dengan selalu menyebutkan sumbernya.

                JATUH ke tempat tanpa alas yang empuk pasti sangat menyakitkan. Bukan sekadar memar, tapi besar kemungkinan luka dan patah tulang. Apalagi jatuhnya dari posisi yang cukup tinggi.
                Tulisan ini saya dedikasikan kepada beberapa pengirim email yang begitu nekat tanpa persiapan dan ancang-ancang langsung lompat pindah quadrant (profesi - peran ekonomi) dan merasakan kejatuhan yang menyakitkan.
                Ada yang menuliskan kepada saya bahwa kini ia sudah keluar dari pekerjaannya. Lalu kini ia menganggur tanpa penghasilan. Tanpa persiapan Ia tinggalkan bergitu saja pekerjaan yang menjadi sumber keuangannya. Sepertinya ia begitu tidak nyaman menjadi pegawai dan dengan emosional ia tinggalkan begitu saja.
                Kini, setelah menganggur ia berfikir untuk memulai sebuah usaha. Ia tidak punya modal keuangan, tidak punya modal pengalaman, tidak punya modal dasar untuk berbisnis. Saya bilang ini  langkah yang sangat nekad.

NEKAT
                Benar bahwa berganti peran memerlukan keberanian. Tetapi berani jelas bukan sama sekali tak kenal takut. Pemberani yang bijak adalah orang yang memiliki rasa takut tetapi tidak terjebak dalam ketakutannya. Bukan nekat.
                Benar bahwa menjadi pekerja/pegawai nampaknya tidak seenak menjadi toke/boss pemilik sebuah bisnis. Tetapi rasa enak yang dimiliki oleh seorang pengusaha, juga diimbangi dengan ketidak-enakkan pada sisi yang lain. Untuk bisa memahani posisi ini, diperlukan pemikiran logis bukan perasaan yang emosional.
                Bagi anda yang sudah jengah dengan pekerjaan anda dan ingin segera menjadi pengusaha, cobalah berpikir berani, bukan sekadar nekat. Cobalah dengan pikiran jernih persiapkan semua hal untuk memulai hal baru. Bertahanlah sejenak dengan ketidaknyamanan sebagai orang bayaran.

JATUH KE ATAS KASUR
                Pastikan anda sudah mempersiapkan lokasi dan alas jatuhnya anda dari lompatan yang akan anda lakukan. Sebuah lompatan benar akan memberikan perubahan, tetapi lompatan yang baik akan menghasilkan kebaikan yang lain.
                Melompat tidak hanya membutuhkan ancang-ancang dengan mundur beberapa langkah agar jarak lompatan lebih jauh dan optimal.  Lompatan yang indah akan terasa tidak menyakitkan ketika mendarat pada bantalan yang empuk.
                Ada yang bertanya kepada saya, “Pak, saya sekarang sudah keluar dari pekerjaan saya, dan sekarang saya sedang berfikir untuk berbisnis, saya ingin membuka toko perlengkapan kantor dan sekaligus jasa fotokopi, tapi saya belum punya modal”.
                Ada juga yang sudah menganggur lalu ingin membuat bisnis jasa layanan laundry, tapi tidak tahu sama sekali tentang laundry. Ada yang ingin berbisnis design grafis, tetapi komputernya belum punya ditambah keterbatasan kemampuan mengoperasikan program design.
                Coba bayangkan, apakah tempat mendarat seperti ini yang anda kehendaki?
                Jadi, bukan saja mundur sekangkah, tetapi anda harus siap sedia mau mendarat di bantalan seperti apa.

PERSIAPAN
                Simpanlah energi untuk bersenang-senang menjadi pengusaha yang mandiri. Selama anda masih jadi pekerja, persiapkan diri untuk bisa melompat dan mendarat di bantalan yang anda kehendaki.
              Persiapan mengenal bisnis. Anda bisa belajar dari perusahaan tempat anda bekerja. Bagaimana perusahaan itu bisa menghasilkan laba, bagaimana mengelolanya dan bagaimana memasarkannya.
                 Pelajari bentuk bisnis yang akan anda kerjakan. Carilah referensi dan mentor. Setidaknya anda perhatikan bagaimana bentuk bisnis yang anda kehendaki.
               Persiapan modal. Sangat baik jika anda memulai usaha dengan memiliki modal keuangan. Tentu akan lebih mudah, daripada sekadar modal dengkul.
              Yang utama, hadirkan perhatian anda yang tinggi kepada bentuk bisnis yang anda kehendaki, sehingga anda akan menguasainya jauh hari sebelum anda menjalankannya.


                                                                       Konsulatasi & Pelatihan; tj@cahyopramono.com
Previous
Next Post »