TUHAN, INILAH PROPOSAL HIDUP SAYA (pengantar renungan akhir tahun 2-selesai)

Artikel ini sudah diterbitkan di Harian Medan Bisnis pada tanggal 28 Desember 2015, dihalaman 7. Diperbolehkan mengcopy dan menyebarkan dengan selalu menyebutkan sumbernya

           RESEP terbaik menghadapi kegalauan hidup adalah memiliki doa yang jelas dan spesifik serta terukur di hadapan Tuhan.
            Doa-doa itu harus dipanjatkan sebagai sebuah harapan yang dicita-citakan. Doa-doa itu akan mengarahkan kita kepada perjuangan yang indah dan berkualitas. Itu karena dengan jelas kita tahu apa yang kita mau dalam hidup ini.
            Minggu lalu saya menyarankan untuk menuliskan proposal hidup kita. tuliskan dengan jelas. Dengan menuliskannya, kita terhindar dari banyang-bayang angan-angan yang tiada ujung.
         Berikut saya berikan panduan sederhana cara menuliskan proposal hidup yang akan kita tunjukkan kepada Tuhan, menjadi doa dan acuan perjuangan kita; artikel ini di inspirasikan oleh buah pikir Jamil Azzaini.

SPESIAL
Sadarilah bahwa Anda adalah SPESIALAnda adalah produk istimewa yang terpilih dan dipilih oleh Yang Kuasa. Mulailah dengan menuliskan potensi-potensi anda. Tuliskan kebisaan anda, keahlian anda, sebanyak-banyaknya.

PRESTASI TERBAIK
Tetapkan prestasi terbaik yang ingin anda raih. Apa yang akan Anda banggakan di hadapan Allah, orang tua, keluarga dan masyarakat?  Tuliskan sebanyak-banyaknya alternatif prestasi terbaik yang ingin diraih dengan syarat :
Pertama “Spesifik” dan Terukur”, Jamil mencontohkan bahwa di usia 60 tahun ia ingin memiliki 9 perusahaan dan menginspirasi 25 juta orang.
Kedua “Jelas waktunya”. Kapan akan tercapainya, misal di usia 60 tahun.
Ketiga Menghasilkan 4-ta (harta, tahta, kata atau cinta). Ini yang bisa disebut dengan sukses, ketika kita memiliki harta, tahta (kedudukan), kata (apa yang diucapkan didengar orang), atau cinta (dicintai orang-orang di sekitarnya). 

AHLI
Fokuslah kepada keahlian yang ingin anda kuasai.  Pekerjaan apa yang Anda nikmati dan ingin menjadi AHLI di didang tersebut?
Caranya, tuliskan tuliskan kegiatan/keterampilan dengan kriteria apa saja yang Anda cintai, yang Anda kuasai dan yang anda yakini akan Menghasilkan.
Tandai kegiatan/keterampilan yang memenuhi ketiga unsur di atas (cintai, kuasai dan menghasilkan) lalu ASAH hal-hal tersebut. Jika perlu, cari guru agar cepat maju.

TARGET TAHUNAN
Dari batas waktu usia yang anda targetkan, buatlah perincian tahunan. Dengan demikian anda tahu target apa yang ingin Anda capai di setiap tahun berjalan.

LINGKUNGAN
Lingkungan memiliki pengaruh yang besar atas kesuksesan seseorang. Kutu anjing misalnya. Ia memiliki kemampuan melompat 300 kali dari tubuhnya tetapi ketika pada suatu eksperimen ia dimasukkan ke dalam kotak korek api selama tiga minggu, ia kemudian hanya akan lompat setinggi kotak korek api, padahal ia MAMPU melompat jauh lebih tinggi dari itu. ‘Kotak korek api’ yang ada di sekitar kita dapat berupa keluarga, lingkungan, gaji dan sebagainya.
            Dalam hal ini tentukanlah lingkungan apa yang anda harapkan demi tercapainya proposal hidup anda dengan baik.

DOA
            Ketika anda menyusun proposal hidup anda, pada saat yang sama anda sedang berdoa untuk mencapai kebaikan itu. Begitu selesai proposal hidup anda, disitulah anda dengan jelas menyampaikan doa istimewa kepada Sang Khalik.
            Terlepas dari pelaksanaan dan hasilnya, begitu anda menyelesaikan tulisan proposal hidup anda, anda sudah memiliki acuan tujuan hidup yang sangat penting dan mendasar.
            Tujuan hidup inilah yang akan membawa anda kepada arah yang benar. Anda akan terhindar dari kegalauan hidup. Dan dengan bangga anda akan menghadap Tuhan Sang pengabul doa sambil berkata, “Tuhan, Inilah Proposal Hidup Saya”.


Konsultasi &  Pelatihan; tj@cahyopramono.com
Previous
Next Post »