SIAPA ANDA?

Artikel ini sudah diterbitkan di Harian Medan Bisnis pada tanggal 2 Mei 2016, dihalaman 7. Diperbolehkan mengcopy dan menyebarkan dengan selalu menyebutkan sumbernya.
               LIHATLAH jumlah nomor telepon yang tersimpan di Handphone anda. Jumlah nomor yang tersimpan menunjukkan siapa anda.
                 Jika jumlahnya dibawah 100 buah nomor, anda adalah orang yang sangat kaya raya dan berkuasa sehingga uang dan kekuasaan anda bisa mengendalikan 100 orang tersebut untuk memudahkan urusan hidup anda. Bisa juga berarti anda orang yang tidak bergaul, kurang punya banyak kawan dan kenalan. Anda tetap tidak mati karena kurang gaul, tapi susungguhnya Anda sedang dalam kondisi kritis walau anda tidak menyadarinya. Atau bisa jadi anda baru menggunakan Handphone sebulan lalu.
               Jika jumlahnya antara 100 hingga 300 nomor, anda adalah orang yang merugi karena kawan anda masuk kategori sedikit. Bisa jadi Anda adalah orang yang memiliki kawan yang sama sejak kecil hingga dewasa dan paling bertambah satu – dua orang dalam 5 bulan. Atau bisa jadi anda adalah pejabat atau pengusaha yang takut dikejar-kejar peminta sumbangan dan hutang kredit. Anda yang dalam posisi ini biasanya mengeluarkan biaya dan tenaga yang lebih banyak ketika mengurus sesuatu, karena kawan anda masuk kategori terbatas. Anda yang di kategori ini umumnya adalah seorang pekerja –bukan pengusaha—yang merasa nyaman dengan gaji bulanan yang terbatas, bekerja dalam rutinitas yang anda pikir tidak membosankan. Bahkan, anda tidak dalam posisi cepat naik karir.
                 Jika jumlahnya antara 300 hingga 700 nomor, anda adalah tipe bergaul yang lumayan baik. Anda relatif mudah dalam menyelesaikan urusan, karena jumlah teman anda lumayan banyak.
                 Jika jumlahnya antara 700 hingga 1200 nomor, anda adalah tipe bergaul yang hebat. Anda berpotensi mendapat teman baru setidaknya 5 orang setiap bulannya. Saya yakin, anda memiliki akses yang luas dan anda termasuk orang yang populer dilingkup pergaulan anda. Anda akan mendapat banyak informasi dan pertolongan karena jaringan anda cukup luas.
               Jika jumlahnya lebih dari 2000 nomor, anda super gaul. Anda membuka diri dan menyempatkan untuk mengenal orang-orang baru. Anda akan sangat mudah mendapatkan informasi dan pertolongan. Anda akan mudah mendapatkan peluang-peluang bisnis. Anda terkenal. Pesawat handphone anda adalah senjata yang sakti. Anda berpotensi menyelesaikan urusan hanya dengan mengangkat telepon.

LATAR BELAKANG
                Selanjutnya, dari daftar nomor telepon itu, lihatlah apa saja latar-belakang orang-orangnya. Apakah mereka adalah jaringan dalam satu kelompok atau dari banyak golongan. Jika anda memiliki ribuan nomor telepon dari sesama pekerja di pabrik tempat kerja anda jelas bukan hal yang jelek, tetapi itu daftar yang kurang menguntungkan.
                Jaringan yang baik untuk bisnis dan personal adalah mereka yang datang dari berbagai latar belakang. Karena, dalam bisnis anda memerlukan kawan pejabat, penguasa, preman, kalangan perbankan, supplier, sesama pengusaha, kalangan spiritual, jurnalis, aktifis sosial, kalangan hoby dan banyak lagi.
                Berbagai kalangan itu akan lebih baik lagi jika berasal dari daerah yang berbeda-beda, sehingga urusan dimanapun tetap saja bisa anda atasi.

UP DATE
                Apalah artinya, jika ribuan nomor telepon anda sudah tidak lagi update. Bisa jadi mereka berganti nomor tanpa anda ketahui.
Berkomunikasilah dengan jaringan anda secara rutin. Selain untuk menyambung silaturahmi juga sebuah etika utuk membangun hubungan yang tidak saja terjadi ketika anda membutuhkan bantuan.
 Tak harus dengan suara, kini banyak aplikasi yang mudah dan murah untuk menjangkau mereka. Dan nikmatilah manfaatnya.


Konsultasi & Pelatihan; tj@cahyopramono.com
Previous
Next Post »