Telur Colombus

Artikel ini sudah diterbitkan di Harian Medan Bisnis pada tanggal 16 Mei 2016, dihalaman 7. Diperbolehkan mengcopy dan menyebarkan dengan selalu menyebutkan sumbernya

NAMA Chirstoper Colombus terkenal hingga saat ini karena dianggap sebagai penemu Benua Amerika. Ia memipin sebuah perjalanan petuangan yang membuktikan teori bahwa bumi itu bulat adanya. Atas teori itu Colombus berkeyakinan bisa menjangkau Benua Asia dan menemukan India dengan berlayar ke arah yang berlawanan dengan lajur tradisional yang sudah ada.
Sekembalinya Colombus ke negaranya, ia mendapatkan penghargaan dari kerajaan dan jadilah ia seorang pahlawan. Tetapi tetap saja dibelakangnya banyak orang yang mencibir dan mengejek Colombus bahwa penemuannya adalah penemuan yang tidak sengaja. Mereka mengatakan bahwa semua orang juga bisa melakukan hal yang sama seperti yang Colombus lakukan.
Alkisah, tersebarlah beberapa versi cerita tentang bagaimana cara Colombus mematahkan cibiran yang santer mengejek dirinya. Kesemua cerita itu menggunakan media telur. Salah satunya adalah bahwa dalam sebuah jamuan kebesaran, Colombus merasa tidak tahan dengan ejekan yang diarahkan kepadanya. Singkat cerita Colombus mengambil sebutir telur masak yang ada dimeja makan dan menantang semua yang hadir untuk bisa membuat telur itu berdiri pada sisi yang lonjongnya.
Semua yang hadir ditantang untuk melakukan sesuatu yang menurut kebanyakan orang tidak mungkin untuk dilakukan. Semuanya gagal. Lalu kemudian, setelah semuanya menyerah, Colombus memegang telur masak itu dan mendirikannya diatas meja makan dengan sedikit menghentak, sehingga bagian telur yang lonjong itu pecah dan menjadi kaki untuk berdirinya telur tersebut.
Atas apa yang dilakukan oleh Colombus, sebagian besar yang hadir merasa dipermainkan oleh Colombus. Mereka menuding Colombus tidak melakukan hal yang fair. Serentak mereka mengatakan bahwa kalau cuma begitu —mendirikan telur masak sambil dihentakkan— pasti semua orang juga bisa. 
Menjawab keluhan itu Colombus mengatakan bahwa benar semua orang bisa melakukan apa yang ia lakukan, tetapi pertanyaannya adalah mengapa mereka tidak melakukannya?  

SEMUA ORANG BISA
Sesungguhnya hampir semua perkara di dunia ini bisa dilakukan oleh semua orang. Demikan juga berbisnis. Semua orang mengatakan mudah dan bisa melakukannya. Tetapi mengapa tidak semua orang melakukannya?
Lihatlah, semua bisnis yang sudah berjalan dan sukses di muka bumi ini sesunggunya berangkat dari ide dasar yang sangat sederhana.
LIhatlah, dalam radius kurang dari 500 meter dari tempat anda tinggal, ada bisnis yang berjalan dan sukses, sebutlah dari toko kelontong, kedai kopi, kedai lontong, perbankan hingga pabrik yang besar, semuanya tercipta dari ide yang sangat sederhana.
Sukses Aqua yang menjual air minum, Sukses Go jek, Sukses a

yam goreng impor, Sukses kedai kopi yang dari Amerika bahkan sepatu olahraga yang mahal itu hingga saat ini tidak ada memiliki pabrik sendiri. Pemilik usaha sepatu itu hanya menjual merek, tidak lebih.

MENGAPA TIDAK MELAKUKANNYA
Inilah pertanyaan yang sebenarnya ditanyakan kepada anda. Jika anda merasa mudah dan bisa membuat bisnis seperti yang anda ucapkan, tetapi mengapa tidak anda lakukan?
Saya yakin, anda yang belum juga menjalankan rencana bisnis anda pada saat membaca tulisan ini juga langsung menjawab dalam hati dengan berbagai alasan yang membuat anda merasa lega dan nyamam serta merasa tidak bersalah atas pertanyaan mengapa anda tidak melakukannya.
Silahkan saja anda menciptakan ribuan bahkan jutaan alasan untuk menangkan perasaan anda. Tetapi ingatlah bahwa alasan-alasan itu sejatinya hanyalah sebuah belati yang anda gunakan untuk membunuh diri anda sendiri.


Konsultasi & Pelatihan; tj@cahyopramono.com
Previous
Next Post »