Ayo Segera Buka Cabang


             KETIKA penjualan outlet usaha anda sudah pada angka yang relatif sama sepanjang tahun dan mungkin terulang pada tahun-tahun berikutnya, itu sebuah tanda bahwa anda harus memikirkan strategi baru.
             Jikapun ada peningkatan penjualan yang terjadi karena kenaikan harga jual, itu bukan kabar baik untuk anda. Artinya volume penjualan outlet tersebut sudah pada titik puncak, jenuh dan tidak ada harapan meningkat drastis. Grafik penjualan sudah datar dan sulit naik.
            Pada posisi ini anda harus waspada, karena sebenarnya anda hanya membuang waktu. Benar anda tidak rugi, tetapi sejatinya anda tidak maju jika hari ini masih sama dengan hari yang lalu.
            Pilihan ideal untuk mendapatkan pendapatan lebih adalah membuka cabang baru. Karena dengan membuka cabang baru, anda akan mendapatkan tambahan pendapatan dengan kerja yang bervolume relatif sama.
             Pada suatu saat, cabang baru tersebut juga akan mencapai titik maksimalnya. Pada saat itu pun anda harus memikirkan pembukaan cabang baru. Nah, yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, kapan dan bagaimana caranya kita harus buka cabang baru.

PERGERAKAN MANUSIA
            Sekarang, coba anda ingat-ingat; dalam keseharian anda, kemana saja jalur perjalanan anda? Apakah seluruh jalur kota anda jalani? Apakah semua sudut kota anda kunjungi?
            Sebutlah dimana posisi anda tinggal kini, lalu, tanyakan kapan kali terakhir anda kunjungi sudut kota yang lain? Dengan pertanyaan yang sama, coba tanyakan kepada kawan-kawan anda.
            Saya yakin jawaban terbanyak adalah bahwa anda kenal/tahu nama dan situasi sudut-sudut kota anda, tetapi mungkin sudah berbulan atau bahkan bertahun sudut-sudut itu tidak anda kunjungi.
            Itu sangat manusiawi. Karena sejatinya, kita hanya bergerak pada garis edar yang rutin dan pasti. Pikiran kita tahu garis edar yang lain, tetapi faktanya kita tidak mengunjunginya secara rutin.
            Fakta tersebut adalah salah satu alasan, mengapa kita tidak perlu khawatir untuk membuat cabang lain di kota yang sama. karena manusia yang beredar di areal outlet pertama anda akan berbeda dengan manusia yang beredar pada lokasi outlet cabang yang lainnya.
            Artinya, pembukaan cabang baru sangat kecil pengaruhnya terhadap pengurangan pasar dari outlet lama. Jadi outlet baru sejatinya bukan saingan bagi outlet yang lama.
            Atas fakta itulah kini anda melihat banyak usaha waralaba yang bercabang sangat banyak, bahkan ada diantaranya yang dalam jarak posisi kurang dari 1 km.

WAKTU
            Ini menjadi penting, karena usia kita terus berjalan. Sangat boros waktu jika keputusan membuka cabang usaha hanya ketika outlet lama omzetnya sudah mendatar dan tidak bisa naik lagi.
            Terlepas dari sumberdaya yang anda miliki dalam hal modal, system pengawasan dan sumberdaya manusia, keputusan untuk segera membuka cabang sebanyak mungkin adalah langkah cerdas mengantisipasi faktor waktu.
            Jatah waktu anda hanya 24 jam dalam 1 hari, jika 24 jam ini hanya mengerjakan 1 outlet bisnis, pasti hasilnya akan berbeda jika pada waktu yang sama anda mengoperasikan 5 atau 10 cabang yang lain.
            Yang perlu anda pastikan adalah pembukaan outlet baru idealnya dilakukan ketika anda sudah berpengalaman menjalankan bisnis tersebut lebih dari 2 tahun. Saya tidak merekomendasikan bagi yang belum 2 tahun, karena anda memerlukan pengalaman yang sudah teruji.Buka cabang ketika bisnis anda belum sampai 2 tahun adalah tindakan yang terlalu maksa dan beresiko.
Artikel ini sudah diterbitkan di Harian Medan Bisnis pada tanggal 17 Oktober 2016, dihalaman 7. Diperbolehkan mengcopy dan menyebarkan dengan selalu menyebutkan sumbernya.


Coaching & Pelatihan; tj@cahyopramono.com
Previous
Next Post »