MEMBESARKAN BISNIS

           BAGI anda yang sudah menjalankan bisnis lebih dari 2 tahun dan mendapati grafik pendapatan anda cenderung rata, tidak meningkat tajam dan bisa jadi malah menurun.
                Saat ini anda sudah mencapai titik selamat tahap pertama. Anda sudah melewati masa-masa percobaan ketahanan mental binsis, ketabahan, kesabaran dan fokus yang baik. Selamat.
                Kini, bertahan tidaklah cukup, sekarang anda harus terus maju dan lebih berkembang. Anda dituntut oleh desakan pengembalian modal dengan lebih cepat. Anda dituntut untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.
PERBANYAK PINTU PEMASUKAN
               Sebelum menciptakan bisnis baru atau membuka cabang, coba ciptakan produk alaternatif yang bisa mendukung produk utama anda. Ada turunan dari produk utama anda yang bisa dikemas menjadi pintu pemasukan dan keuntungan anda.
            Saya beri contoh sederhana, misalnya anda berbisnis penyewaan alat-alat pesta. Sejalan dengan bisnis tersebut, anda bisa saja menjual kepada penyewa berupa produk tambahan semisal air minum gallon, sehingga penyelenggara pesta tidak repot lagi memasak air minum.
               Selanjutnya, anda sangat mungkin melengkapi produk dengan kontrak dokumentasi pesta dalam bentuk foto dan video. Anda juga bisa mensuplay tenaga kerja untuk membantu pelaksanaan pesta yang pasti memerlukan banyak tenaga; mulai dari tenaga keamanan, tenaga petugas parkir, tenaga tambahan untuk kebersihan, hingga tenaga receptionis untuk menerima tamu.
               Selanjutnya, anda bisa saja menjarah produk lain berupa design dan pencetakan undagan. Bahkan anda bisa saja menawarkan jasa kurir pengantaran undangan tersebut. Jika anda memiliki energi yang cukup, anda bisa saja mengkontrak gedung-gedung pertemuan untuk pesta, anda menjadi agen-nya. Dan masih banyak lagi produk-produk turunan yang bisa anda ciptakan tanpa harus membuka cabang baru atau membuka usaha lain yang jauh dari karakter usaha awal anda.
BANGUN KEUNGGULAN PERSAINGAN
               Menang dalam persaingan adalah kunci untuk tetap bisa bertahan dan berkembang. Artinya, harus dibangun semua potensi dan kondisi agar produk dan bisnis anda selalu lebih unggul dari pesaing-pesaing anda.
         Membangun keunggulan persaingan dimulai dari perbedaan. Yang pertama; Anda harus berbeda. jangan pernah ijinkan anda terlihat atau terkesan sama jika dibandingkan dengan pesaing anda. Perbedaan itu harus dibangun bahkan ketika pesaing anda mengekor anda dengan menjiplak produk bisnis anda.
          Perbedaan itu bisa saja berupa konsep produk, konsep bisnis, konsep pelayanan, konsep interior, konsep kemasan, konsep promosi dan banyak lagi. Artinya, perbedaan yang anda ciptakan memang akan menjadi absolute jika meliputi semua unsur diatas. Tetapi bukan berarti anda tidak bisa menbuat perbedaan dari satu unsur saja.
  Contoh untuk produk penyewaan alat pesta diatas; ketika pesaing juga melakukan hal sama, anda bisa membuat perbedaan dari produk dengan memberikan alternative pilihan yang lebih lengkap. Dari sisi konsep bisnis, bisa saja anda menawarkan penyewaan dengan sistem arisan dalam sebuah komunitas. Jadi mereka sudah menabung sejak lama untuk mendapatkan produk anda. Dan itu berarti anda mengikat mereka dalam jangka panjang.
PEMASARAN BERKESINAMBUNGAN
            Ketika mulai bisnis, anda memasang papan merek, membuat brosur, membuat iklan, membuat program promosi dll dan Lalu anda berhenti, maka tunggulah kejatuhan anda.
            Mulai dari upaya pengemasan ulang atau perbaikan kemasan, mengembangkan channel-chanel promosi, mengingatkan keberadaan produk bisnis anda harus dilakukan terus menerus.
                Seperti lomba lari, ketika anda tidak terus berlari, maka anda akan tertinggal dan dilupakan.
Artikel ini sudah diterbitkan di Harian Medan Bisnis pada tanggal 21 November 2016 dihalaman 7. Diperbolehkan mengcopy dan menyebarkan dengan selalu menyebutkan sumbernya.


                                                                    Coaching & Pelatihan; tj@cahyopramono.com
Previous
Next Post »