Promosi Di Media Sosial


MEDIA Sosial yang kita gunakan untuk saling terhubung, sebenarnya merupakan media promosi yang sangat efektif. Pembaca pesan-pesan kita adalah mereka yang kita tuju yang tersampaikan secara personal dan langsung ditangan yang kita tuju.  Berikut adalah tips teknik efektif berpromosi di medsos.

Berkawan Tanpa Terkesan Jualan
Sadarilah bahwa hampir tidak ada orang yang mau membaca iklan jualan. Anda bisa amati perilaku itu pada diri anda sendiri. Ketika anda melihat film di layar televisi dan saat jeda iklan, apa anda tetap menonto pemutaran iklan itu? Tentu tidak. Ada yang memilih memindah channel, ada yang membuat kopi ke dapur, ada yang memanfaatkannya untuk ke kamar mandi dll.
Dalam cara pandang umum, iklan adalah gangguan. Disinilah kita ditantang untuk menciptakan bentuk dan isi promosi menjadi menarik.
Kembali ke medsos; lihatlah, anda akan lebih banyak mendapat like atau share jika anda menampilkan diri anda sendiri.
 Trik promosi dalam situasi yang seperti ini adalah bentuk narsis dari kegiatan bisnis anda. sebutlah ketika anda berbisnis produk kuliner. Mulailah dengan upload semua kegiatan anda. misalnya anda tunjukkan proses memasak (tentu dengan gambar yang anda pilih dengan baik), lalu proses anda memajang produk. Lalu proses anda mempersiapkan pesanan-pesanan.  Tanpa meminta orang untuk membeli produk anda.
Biar saja prosesnya terkesan lumrah seperti ketika anda makan di restoran dan memposting foto makanannya di sosmed anda. Semua seolah seperti tidak sengaja, tetapi pesan tersampaikan dengan jelas dan baik.

Informasi Yang Membantu
Target promosi adalah penyampaian pesan dan pesan yang terkirim dengan santun akan sampai dengan lebih baik.
Dalam mengelola bisnis, selayaknya anda dikenal sebagai ahli di bidang itu. Jadi sangat bagus jika anda memposting tulisan-tulisan yang berisi informasi penting dan bermanfaat bagi pembacanya. Ingat, Jangan Memaksa Mereka Membeli Produk Anda.
Dalam hal contoh anda berbisnis kuliner, Tulisan anda mungkin berisi tips-tips yang sederhana tetapi bermanfaat. Misalnya trik menyimpan makanan di kulkas, trik memilih makanan yang sehatdll.
Tanpa mereka sadari, anda sedang menyampaikan pesan bahwa anda adalah orang yang ahli dan memberikan manfaat besar bagi pembaca tanpa tujuan komersial.

Anda Roh Hidup
                Pesan-pesan yang formal dan kaku tidak akan mendapat perhatian yang tinggi. Tetapi jika ada personifikasi diri anda dalam pesan status yang anda buat, maka respon akan lebih maksimal.
                Seperti halnya anda yang bisa merasa bosan dengan formalitas, anda juga harus mengkombinasikan pesan status anda dengan hal-hal sederhana, personal dan kadang tekesan “lebay”.
                Ingat, jaringan anda ingin berkawan dengan anda secara pribadi, apa adanya, bukan mau jadi pelanggan bisnis anda.

Bersalaman
                Berkawan di Medsos seperti halnya bergaul dalam kehidupan nyata. Anda perlu berkunjung kepada mereka juga. jangan anda bermimpi meminta mereka mengunjungi anda tetapi anda tidak pernah mengunjungi mereka. hubungannya akan hambar.
                Berkomentarlah dengan santun mengenai status dan pekerjaan orang lain, tanpa harus terang-terangan mencari pengikut, dan memaksa orang untuk menyukai update Anda. jangan terlibat ke dalam pertengkaran dan perdebatan yang tidak perlu. Tak harus anda selalu benar. Jangan terjebak dalam perdebatan yang tiada unjung.
Ingat anda sendang mencari kawan, bukan musuh. Semakin banyak orang yang menyukai status dan halaman media sosial maka semakin besar potensi keberhasilan promosi anda.
Artikel ini sudah terbitkan di Harian Medan Bisnis pada tanggal 12 Juni 2016, dihalaman 7. Diperbolehkan mengcopy dan menyebarkan dengan selalu menyebutkan sumbernya.

                                                                                Coaching & Pelatihan; tj@cahyopramono.com
Previous
Next Post »