BertumbuhdanMenguat

          BISNIS padaakhirnyasangatbergantungkepadaoperatornya.Kapasitas, kopentensi, Kualiasdankarakterpelakubisnisnyasangatmenentukanpoladangayabisnis yang menuntunkepadakeberhasilanataukeberhasilanbisnisnya.
            Sebenarnyakitasama-samamenyadari, bahwadaripengalamanoperasionalkerjadanproses bisnis yang kitajalankansebenarnyaadapolapengulangan-pengulangan yang berpotensimenjebakkitasebagaipelakunyauntukberputardalamputarankebiasaan. Kebiasaan yang membuatkitanyamandantidakinginberubah.
            Cobaandalihatsejenak. Apasajayang andakerjakantiaphari? Apasajastrategioperasioalkerjaananda? Apasajamasalah yang selaludanseringmucul? Apateknikmenyelesaikanmasalahitu?
            Lalupertanyaanituditambah, bagaiamabeberapatahunlalu. Lalubandingkandengansaatinidanprediksikanbeberapatahunkedepan. Sayayakindariwaktukewaktu proses kerjaandasebenarnya relative samasaja.
            Jikaadaperubahan, umumnyahanyaterjadipadasisiteknologinyasaja. Dahulumungkindikerjakansecara manual danhariinimenggunakanalat yang canggih. Selebihnyaketika model bisnisandatidakberubah, carakerjaandabisadipastikantidakberubahjuga.
            Mungkintidakberlebihan, jikasayabisapastikanbahwakeluhanpelangganandabeberapatahun yang laludan yang terjadihariinirelatiftidakberubah. Lalu, caramenanganikeluhan-keluhantersebutjugatidakberbeda.
            Dan rasanyasemuapersamaanituakanterjadilagidimasa yang akandatang.

BIASA
            Untukbeberapa orang, proses manajemenitudenganmudahdipetakandalamsebuahstruktur yang mudahdipahamidandirespon. Bagimereka, setiapadapermasalahan, merekasudahbisadengansertamertamenyimpulkandanmenyelesaikannya.
            Untukmerekapekerjaanituakansegeraterasamembosankankarenaurutan A hingga Z darisemuahaloperasionalbisnisnyasudahbisaditasirkandandipahami. Termasukcaramenyelesaikanmasalahjikatimbul.
            Yang menjadiperluuntukdipertimbangkanadalahbahwasemuaituberulangmenjadikebiasaansehinggamembuatkitaterjebakdalamrutinitasdanmembawakitakedalamzonanyaman.
            Jikaterjebakdalamsituasiitu, sudahpastikitatidakkreatiflagidantidakterpacuuntukmenciptakanperubahanketitik yang lebihbaik.

RUBAH
            Perubahanadalahbagianpentinguntukmenjadi yang diinginkan. Perubahandiri yang baik, akanberakibatlangsungterhadapbisnis yang kitatangani.
            Mestiadasaatnyauntukmemaksadiriuntukberubah. Tidaknyamantetapijikadilakonidenganbaik, makaakanmenghasilkansesuatu yang baik. Pertanyaannya, bagaimanacarauntukmenstimulasiperubahanitu.
            Cara sayauntukmerubahnyaadalahdengancaramengijinkanpikirandiriterbukadanmenerima data-data baru. Disanalah 3 halpentinglayakdilakukan. Pertama, menelanreferensibaru, bisaberupabuku, ikut seminar, ikutkursusdll. Kedua, bertemudengan orang-orang baru. Ketiga, mengunjungitempat-tempatbaru.
            Denganmelalukanketigalangkahtersebut, andaakanmendapat data-data baru, inspirasibaru, pengalamanbarudancarapandangbarudll.  Lalucarapandangbaruituakanmenstimulasikeberanianandauntukmerubahcaradanstrategibaruuntukkemajuanbisnisanda.
            Pembaruan data iniakanmempengaruhipolakerjadanpolabisnisanda yang secaralangsungakanmengakibatkanperbaikan-perbaikanbisnis yang lebihbaikdalambentukefisiensi, tatakelolapegawai, penangananpasar, manajemenkeuangan, hinggapencapaiankeuntungan.
            Artinya, bergauldanterusmemperbaharuikapasitasdiritanpahentimenjadisangatpentinguntuksuksesbisnis (danapapun ) yang kitatangani.
Artikel ini sudah diterbitkan di Harian Medan Bisnis pada tanggal 24 Juli 2017, dihalaman7. Diperbolehkan mengcopy dan menyebarkan dengan selalu menyebutkan sumbernya. 


Coaching &Pelatihan; tj@cahyopramono.com

Previous
Next Post »