GalauPosisi

          ANDA para pemilikusaha yang terobsesimenjadipengusaha yang kaya raya, melakukanbanyakcarauntuksukses, diantaranyaadalahmempelajaribisnisdariberbagailembagakursusmanajemen. Sebagiandari kami, semakinbanyakkursus yang dijalani, justrusemakinmembuatnyabingung.
            Kebingungan yang wajar. Karenabertambahnyailmuakanmemicukonflikfaktadanpikiran. Yang andaalamiadalahsebutlahketikaandaberada di kelassatu, andasudahmemikirkanilmudankondisiketikanantiakanberada di kelasempat.
            Diantarakitaada yang sudahmulaifrustrasi, mengapakelassatu yang dialaminyatidakjugaselesai. Selalusajaada yang kurangsempurna. Semakindiperbaiki, semakinbanyaklagimasalah yang muncul. Yang lebihmelelahkanadalahketikamasalahitu, bukanlahmasalahbesar, sudahbisadiprediksidangampangditangani. Masalahyaadalah orang-orang yang dimilikinyatidakcukupbisamengimbangipikirandangayakepemimpinannya.
            Disinilah para pengusaha yang inginnaikkelasituseringberhadapandenganfaktabahwaberubahposisisemestinyadiikutidengangayadanpemikiran yang berbeda.
Dari 4 posisimencarinafkah;pekerja, professional –bekerjauntukdirinyasendiri, pemilikusahadan investor, jelassekaliperbedaannya. Masing-masingmemilikikarakterdanpola yang khas.Perbedaan yang mencolokituharusnyadisadariolehmereka yang inginbermigrasikepadabentuklain sesuaidengankeinginannya.
Menjadipekerja,andatidakmembutuhkankemampuandanjiwakewirausahaan. Andatidakperlumemikirkanbanyakhal, cukupbagiannyasaja. Andatidakharusberfikirhinggatahapkeutunganperusahaan, karenaberapapunkeuntunganperusahaan, tohandasudahdigajidengannilai yang sudahdisepakatitiapbulannya.
Menjadi professional yang bekerjauntukdirisendirisepertipengacara, doktergigiataukonsultan,Andaadalah orang yang haruspintarsecaraakademik, andaharussekolah yang cukuptinggi. Andamendapatkanpenghasilankarenakecerdasandanpengalamananda. Disiniandaharusmengurussemuanya. Andaakanterbiasabermain solo. Bermainsendiri.
Menjadipemilikbisnis, padaskalaawaldankecil, andaharusterlibatdalam proses bisnisitusendiri. Andaadalahnadibisnisanda. Jikaandatidakadadidalam proses itu, aka nada saja yang menyalahdankacau. Sebutanpemilikbisnissebenarnyakuranglayak, karenasebenarnyaandaadalahhanyaseorang operator bisnis. Andaterjebakatauharusmenjebakkandiridalamrutinitas. Dan sejauhpengamatansaya, sangatjarang orang yang bisamelepaskandiridarijebakanitu. Bahkanketikaandamerasasudahbosandanharusnaikkelas.
Menjadi investor sangatberbeda. Andaadalah orang yang sangatcerdasmemainkan momentum, modal, manajemendankemampuanmemimpin para pemimpin. Andaadapadaposisicarapandang helicopter, semakintinggiposisianda, semakinluaspandangananda.

GANTI POSISI
            Pergantianposisidanperan, seharusnyadiikutidengangayadanpemikiran yang berbedasesuaidengankelasnya. Ketikaandamenjadipemilikbisnistetapimasihdengancaraberfikirpekerja, andatidakakanmenghasilkanapapunselainkegagalan. Andaadalahpenentusemuahal. Andatidaklagihanyaberfikirkerjasesuai jam yang ditetapkandanberharapada orang lain yang mengurusiurusanandabegitusaja.
            Ketikaandamenjadipemilikbisnisdaninginjadi investor, andaharusbersiapdiridengancarapandangdancarapikir investor. Andatidaklagiharusdisulitkandenganurusanoperasionalharian. Andaharusmemberdayakan system yang dikerjakan orang lain.
            Amatilahperbedaanitu.
 Artikel ini sudah diterbitkan di Harian Medan Bisnis pada tanggal 17 Juli 2017, dihalaman7. Diperbolehkan mengcopy dan menyebarkan dengan selalu menyebutkan sumbernya.


                                                                                   Coaching &Pelatihan; tj@cahyopramono.com

Previous
Next Post »