OTOMATISASI UNTUK PENINGKATAN VOLUME USAHA

        JIKA pilihan anda adalah meningkatkan volume bisnis dan meningkatkan kinerja perusahaan yang berujung kepada peningkatan keuntungan, maka otomatisasi sangat penting untuk dilakukan. Segala proses yang mengandalkan keterlibatan manusia secara dominan, sudah semestinya dikurangi. Ide tulisan ini sungguh bukan bermaksud mengurangi asupan jumlah tenaga kerja. Tetapi otomatisasi menjadi perlu karena banyak faktor yang medesaknya.
Pertama; mengurangi kesalahan yang disebabkan unsur kelemahan manusia. Manusia bekerja sangat lues dan fleksibel, tetapi tetap memiliki potensi kesalahan yang cukup tinggi. Contoh sederhana adalah kemampuan menghitung. Kemampuan kalkulator terbukti lebih cepat, lebih mudah dengan akurasi tinggi ditambah fakta bahwa kalkulator tidak memiliki rasa bosan dan lelah seperti yang dialami oleh manusia.
Kedua; otomatisasi terbukti membuat pekerjaan rutin yang berulang menjadi mudah dan cepat. Misalnya alat siram tanamam yang bekera secara otomatis pada jam tertentu setiap hari. Sama dengan alat penghidup lampu litrik otomatis berdasar waktu atau tingkat kegelapan cahaya matahari. Jika pekerjaan itu diberikan kepada manusia, maka potensi lalai dan malas akan mewarnai pelaksanaannya. Dan rasa itu akan menjadi penyebab konflik internal yang berbahaya untuk kestabilan kerja.
Ketiga; otomatisasi memudahkan pekerjaan data yang banyak menjadi mudah dibaca. Semua transaksi, semua statistik penjualan dan operasional menjadi mudah dipahami dengan sistem kerja komputer. Dengan bantuan komputer pekerjaan analisa menjadi mudah, data bisa ditampilkan dalam grafik dan bisa diperbandingkan dengan cara cepat.
Keempat; otomatisasi menjadikan pekerjaan multi entry secara manual menjadi single entry yang bisa terintegrasi. Sebutlah pada sebuah rumah sakit, akan terjadi banyak sekali pengulangan penulisan nama pasien. Misal dari pasien datang ditulis oleh petugas reception (1), lalu diisi ke bagian kartu pasian (2), jika masuk ke bagian rawat darurat, maka nama pasien akan ditulis pada bagian tersebut (3), lalu ditulis lagi di bagian dokter yang ditunjuk (4), jika perlu obat akan ditulis di bagian apotek (5), jika perlu foto Rontgen ditulis lagi dibagian radiologi (6), nama pasien ditulis pada bagian tata graham yang mengurus kamar pasien (7), kemudian pada bagian kasir (8), lalu pada bagian akuntasi (9) dan masih banyak lagi bagian yang lain.
 Penulisan nama pasien secara manual pada setidaknya 9 bagian yang berbeda sangat rentan terjadi kesalahan. Bisa kesalahan berupa salah huruf atau tidak terbaca dengan jelas. Disini otomatisasi akan memperpendek pekerjaan, memudahkan dan menjadikan data entry semakin sederhana serta tidak perlu membuang waktu dengan menulis berulang-ulang untuk hal yang seharunya bisa dikerjakan sekali saja.
Kelima; otomatisasi mempercepat proses. Lihat saja dari contoh-contoh diatas, betapa banyak waktu yang bisa dihemat dengan mengaplikasikan otomatisasi. Ketika proses kerja berjalan dengan mudah dan cepat, maka kapasitas produksi akan meningkat. Pada akhirnya, peningkatan produksi menjanjikan kemampuan pasok yang tinggi dan potensi penjualan yang juga akan meningkat tinggi.

MANUSIA
                Benar bahwa keterlibatan manusia akan tetap diperlukan. Akan ada banyak hal lain yang tidak bisa digantikan oleh mesin-mesin. Operator semua perangkat otomatisasi adalah manusia.
                Tantangan otomatisasi adalah kesiapan pegawai yang ada dengan perubahan gaya bekerja dari yang manual menjadi otomatis. Biasanya perubahan-perubahan itu mendapatkan penolakan dari pihak-pihak yang terkait.
                Apapun tantangan yang anda hadapi, otomatisasi adalah jawaban penting untuk peningkatan kapasitas usaha anda.
Artikel ini sudah diterbitkan di Harian Medan Bisnis pada tanggal 21 Agustus 2017, dihalaman 7. Diperbolehkan mengcopy dan menyebarkan dengan selalu menyebutkkan sumbernya


Coaching & Training; tj@cahyopramono.com
Previous
Next Post »