SISTEM YANG MEMBUAT PENGUSAHA BISA SERING LIBURAN

      BANYAK sekali perusahaan bisa berkelas dunia. Cabangnya ribuan diberbagai negara. Pekerjanya jutaan orang. Distribusinya menjangkau seluruh pelosok bumi. Kapitalnya hampir tak terhitung dan pemiliknya seperti tak pernah lagi urusan-urusan kecil. Mereka lebih banyak terlihat berlibur dan bersenang kesana kemari. Bagaimana dengan anda?
          Hampir semua pengusaha pada skala kecil dan menengah yang terheran dengan tampilan pengusaha kaya raya kelas dunia tersebut. Mereka begitu takjub, bagaimana bisa satu orang mengendalikan jutaan orang diberbagai tempat yang tersebar jauh.
          Pelaku usaha kecil menengah merasa bahwa sehari saja meninggalkan bisnisnya, semua menjadi berantakan dan merugi. Bagaimana kalau sering pergi-pergi? Apa yang membedakan mereka dengan kita?
          Jawabnya adalah sistem.
          Jangan berkecil hati, ketika anda tidak memiliki sistem yang tertulis, bukan berarti anda tidak memiliki sistem. Hanya saja, sistem mereka lebih baik, lebih mandiri dan auto pilot, sehingga sistemlah yang bekerja untuk mereka. mereka sudah tidak lagi menjadi operator bisnis, tetapi menjadi pemilik bisnis.
          Tantangan anda saat ini, adalah membangun sistem yang benar dan tepat.

SISTEM
Sistem bisnis adalah sebuah kelompok komponen atau elemen yang disatukan dalam sebuah proses yang satu kesatuan untuk mencapai suatu tujuan bisnis.
Proses tersebut menentukan input, efienci dan efektifitas proses hingga output dalam menjalankan sebuah bisnis. Sistem yang benar dengan sendirinya akan menjadikan perusahaan memiliki siklus bisnis yang benar dan tepat.
Siklus bisnis yang benar dan tepat akan mengantarkan keberhasilan pencapaian target-target yang sudah disusun.
Artinya, sistem yang benar dan tepat adalah kunci utamanya. Dan pastikan sistem yang anda buat sebagai pemimpin, tidak menjadikan anda sebagai pusat dan kunci utama kontrol. Karena ketika anda memegang pusat kontrol, maka semua pegawai akan melepaskan tanggungjawabnya kepada anda.

MANFAAT SISTEM
Proses yang terintegrasi dengan benar dan berulang, akan menjadi kabiasaan bagi semua pihak. Kebiasaan inilah yang akang menghasilkan budaya.
Budaya perusahaan yang disiplin, tidak mentolerir kesalahan dan tetap waktu, tidak terjadi begitu saja. Tetapi dibangun dan dibentuk dengan sengaja.
Budaya yang terbangun dari sistem yang baik, akan menjadikan anda layaknya hanya sebagai konsultan, bukan mandor yang terikat di dalam proses bisnis anda. jika anda masih belum bisa mematikan HP anda selama 1 minggu tanpa kerusakan di perusahaan anda, maka anda masih menjadi budak dari sistem yang salah.
Sistem yang benar dan tepat akan menghasilkan produk yang semakin lebih baik. Karena sistem tersebut memastikan semua perencanaan terlaksana dengan benar, lalu proses produksi terjalankan dengan benar dan mengontrol dengan benar.
Sistem yang benar dan tepat, akan mengantarkan perjalanan bisnis untuk sanggup menghadapi persaingan dalam jangka panjang. Karena sistem yang benar memasukkan unsur kewaspadaan terhadap persaingan, kewaspadaan kebutuhan pasar serta kewaspadaan untuk terus berkembang tanpa henti.
Sistem yang benar dan tepat akan menghasilan tim yang loyal. Sistem  tersebut akan memperhatikan kemudahan dan kelancaran kerja, mengurangi potensi konflik dan membangun pembelajaran yang positif. Sistem tersebut juga akan menjadi alat seleksi tim yang cocok dan loyal.
Manfaat-manfaat tersebut diatas hanya bisa dicapai jika anda membuat sistem yang benar dan tepat. Tantangan terbesar ketika anda membangun sistem adalah karena perhatian anda bisa bercabang-cabang dan peran anda tercampur antara peran sebagai pemiliki usaha dan sebagai operator bisnis.
Artikel ini sudah diterbitkan di Harian Medan Bisnis pada tanggal 6 November 2017, dihalaman 7. Diperbolehkan mengcopy dan menyebarkan dengan selalu menyebutkan sumbernya

                                                                
                                                       Coachin & Pelatihan ; tj@cahyopramono.com
Previous
Next Post »