Apa Lebihnya? (Mengaudit Pesaing)



Kita sudah membahas 5 kategori  pesaing (Pesaing Yang Terdekat, Yang Terlama, Yang Terbesar, Yang Terunik dan Yang Terbaru), lalu kita sudah bisa mengelompokkanya dalam 3 karakter dasar ( Pesaing yang suka mengekor, yang mematikan dan yang kooperatif). Kini, agar lebih sempurna, mari kita lihat satu persatu, kelebihan-kelebihan apa yang sebenarnya dimiliki oleh pesaing kita seperti yang disampaikan oleh Coach Dr. Imam El Fahmi dalam kursus-kursus yang diberikannya. Kita mulai dengan 9 P yang merupakan faktor bersaing yang harus ada;

PRODUCT
                Apakah keunggulan produknya? Bagaimana caranya mereka menjadi lebih baik, lebih enak, lebih murah, lebih ramah lingkungan, lebih ringkas, lebih gampang dipakai, lebih bergaya, lebih trendy. Petakan semua kelebihan produknya.
                Indikator kelebihan itu apakah sudah diketahui oleh pasar dan bagaimana pasar bersikap atas segala kelebihan  itu. Apakah itu yang mebuat pasar menjadi loyal?

PEOPLE
                Apapun produk, strategi dan kebijakan pesaing pasti dihasilkan oleh orang-orang dibelakangnya. Kinerja berbanding lurus dengan produktifitas. Jadi, Ketahuilah lebih dalam siapa mereka dan bagaimana pesaing bisa memiliki kelebihan itu.
                Tidak salah bergaul dengan pesaing, untuk mengenal mereka. begitu anda mengenal mereka, maka anda akan bisa menafsirkan kebijakan dan gaya terobosan apa yang akan dilakukan pesaing kita.

PROCESS
                Kita percaya bahwa proses tidak mengkhianati hasil. Mari ketahui lebih dalam, bagaimana pesaing melakukan proses sehingga bisa memenangkan persaingan. Apakah proses mereka lebih ringkas, lebih mudah, lebih teliti, lebih efektif, lebih cepat, dll.
                Pastikan apakan proses mereka benar-benar menghasilkan kebaikan dan menekan angka keluhan pelanggan.

PARTNER
                Tak ada orang yang bisa hidup sendiri. termasuk dalam bisnis. Sehingga pesaing kita sukses dan maju, biasanya ada partner yang sepadan dalam hal kehendak untuk maju. Merepa adalah pihak yang memberikan saran, masukan, inspirasi, energy tantangan dan bahkan solusi.
                Mereka bisa saja istri atau suami, mentor bisnis atau bahkan supplier anda yang bisa bergandengan maju bersama anda.

PLACE
                Apakah tempat mereka lebih strategis, lebih nyaman dan lebih baik? Bagaimana pesaing memposisikan faktor tempat sebagai penentu loyalitas pelanggan. Apakah karena faktor jarak, kenyaman dll.

PROMOTION
                Seperti apa program dan strategi promosi pesaing? Apakah lebih efektif dan efisien? Bagaimana mereka memahami target promosi, memilih media promosi dan mendesain isi pesan-pesan promosinya.

PRICE
                Bagaimana pesaing bisa bersaing di harga jual? bagaimana mereka mengendalikan biaya? Darimana sumber keuntungan pesaing?
                Ingat, jangan Cuma menerka. Pastikan anda punya data yang valid, dari pelanggan dan supplier pesaing secara langsung.

PACKAGING
                Kemasan tidak bisa dipungkiri sudah menjadi hal utama yang diperhatikan konsumen. Pelajari bagaimana pesaing mendesain dan mengelola kemasan. Bagaimama selera konsumen terpicu dari kemasan yang dijual? Bagaimana bahkan konsumen merasa bangga dengan kemasan tersebut?
               
POCKET OF EXCELENCE
                Apakah titik kesempurnaan dalam produk yang mereka jual. bukan sekadar unik, tetapi sisi mana yang begitu sempurna sehingga hanya pesaing tersebut yang memilikinya. Dan akan lebih dasyat lagi jika kesempurnaan itu tidak bisa ditiru oleh pesaing yang lain.
               
                Kini, anda memiliki lebih banyak alat manajemen untuk mengukur pesaing anda dengan lebih detail dan terukur. Alat kerja ini hanya berfungsi jika anda pakai dan lakukan. Semoga anda mendapatkan manfaatnya.
 Artikel ini sudah diterbitkan di Harian Medan Bisnis pada tanggal 22 Januari 2018, dihalaman 7. Diperbolehkan mengcopy dan menyebarkan dengan selalu menyebutkan sumbernya



                                                              Business Coaching & Pelatihan; tj@cahyopramono.com

Previous
Next Post »