Buat Jurang Pemisah Dengan Pesaing


SETELAH membahas siapa pesaing dan bagaimana memetakannya, kini mari kita bahas cara menjauhkan dan membedakan diri dari pesaing kita. Semakin jauh berbeda, semakin baik. Karena perbedaan itu yang akan menjadikan kita menonjol dan akan diperhatikan oleh konsumen. Konsekuensi logis untuk itu adalah tindakan yang lebih baik dari pesaing.

AKSI PEMBEDA
                Sangat mungkin strategi umum dari pesaing sama dengan strategi kita. Tetapi detail aksi untuk mencapainya bisa saja dibedakan. Ketika pesaing memanfaatkan brosur untuk promosi , kita tidak harus latah menggunakan media yang sama. bisa saja kita menggunakan poster, baligho dll.
                Ketika pesaing hanya menggunakan pola promosi yang biasa. Kita harus melakukan hal yang berbeda. Contoh sederhana yang saya lihat adalah di salah satu toko yang baru buka, menggelar aksi promosi yang awalnya terlihat seperti demonstrasi. Peserta aksi menggunakan ikat kepala, membawa poster berisi iklan dan menggunakan pengerah suara. Dan itu memcuri perhatian yang luar biasa.
                Saya belum pernah membuktikan secara langsung, tetapi iklan jual rumah berhadiah suami/istri sangat menyedot perhatian public.

KEKUATAN LANGKA
                Kekuatan kita harus lebih baik daripada kekuatan pesaing. Lebih mudah membuat titik kuat yang tidak dimiliki oleh pesaing daripada melawan kekuatan yang sudah dikuasai oleh pesaing. Memilih kekuatan yang tidak dimiliki pesaing adalah jurang pemisah dan pembeda yang besar. jurang itu akan lebih lebar dan jauh jika volume kekuatan tersebut dilipatgandakan.
                Diperlukan kejelian untuk melihat titik lemah pesaing. Tak ada hal yang sempurna di dunia ini, pesaing yang sudah besar dan lama pun tidak akan luput dari celah-celah kesalahan dan kekurangan. Yang lebar biasanya tidak dalam, yang dalam biasanya sempit.
               

TERLIHAT LEBIH
                Dalam konsep positioning – penempatan citra dimata publik—kita harus terlihat menonjol dan kuat. Ingat konsep positioning lebih didominasi oleh tampilan permukaan. Ini hanya masalah kemasan.
                Segera selesaikan desain dasar citra yang anda harapkan. Anda atau produk anda ingin dikenal sebagai apa dan bagaimana. Segera lakukan langkah-langkah promosi yang diperlukan, karena positioning berhubungan dengan waktu. Semakin lama anda beredar, semakin banyak orang melihat dan mengenal anda. Tinggal ujud penglihatan dan pengenalan yang baik atau yang buruk. Anda sendiri yang menentukannya. Contoh sederhana, jika anda berdasi dan berjas akan dilihat berbeda ketika anda mengenakan kaos oblong dan celana jeans.


LEBIH SOLUTIF
                Semua data tentang pesaing anda, sangat berpotensi membuat anda terjebak dalam persepsi problem yang komplek. Anda bisa menjadi panik begitu lebih mengenal siapa pesaing anda dan segala kelebihannya. Disini anda sebagai pebisnis dituntut untuk mampu mengendalikan bisnis dengan kemampuan menyelesaikan masalahnya.
                Kemampuan anda dalam penyelesaian masalah akan menjadi roh organisasi bisnis anda. Ketika tim bisnis anda ikut terlatih untuk menyelesaikan masalah dengan cepat dan baik, otomatis budaya solutif ini akan tercermin dari produk atau jasa yang anda tawarkan.
                Produk-produk yang solutif dan ramah dengan pemakai, akan mendapat perhatian dari konsumen. Lihatlah di Youtube ada banyak sekali orang-orang yang memberikan rekomendasi atas kepuasannya menjadi konsumen sebuah produk. Mereka tidak dibayar, tetapi mereka senang melakukannya untuk anda.
                Selamat menjauhkan diri anda dari pesaing, menjadi berbeda dan lebih baik. Pada gilirannya anda akan memenangkan persaingan karena anda memiliki panggung sendiri dan berbeda dari pesaing.
Artikel ini sudah diterbitkan di Harian Medan Bisnis pada tanggal 29 Januari 2018, dihalaman 7. Diperbolehkan mengcopy dan menyebarkan dengan selalu menyebutkan sumbernya



Business Coaching & Pelatihan; tj@cahyopramono.com

Previous
Next Post »