KEWIRAUSAHAAN VS MANAJERIAL

            DUA keilmuan yang berbeda bercampur dalam sebuah aplikasi bisnis. Kedua ilmu itu sangat penting untuk digabungkan untuk membuat, menjalankan dan mengembangkan bisnis.
Fakta yang semestinya terjadi adalah bahwa jiwa kewirausahaan hanya diperlukan ketika menentukan bidang usaha yang akan dibuat, cara membuatnya dan cara memacu tim operasional meningkatkan kapasitas keuntungan usaha serta pengembangannya. Tetapi, untuk menjalankan bisnis yang diperlukan adalah ilmu manajerial.
Banyak dari kita yang mencampuradukkan ilmu dan fungsi itu, sehingga banyak yang mendapati kekecewaan atas hasil yang terjadi sesudahnya.

KEWIRAUSAHAAN

Ada yang mendefinisikan Kewirausahaan sebagai semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang  lebih besar.
Kewirausahaan atau entrepreneurship jika diterjemahkan secara harfiah diartikan sebagai sikap dan perilaku mandiri yang mampu memadukan unsur cipta, rasa dan karya atau mampu menggabungkan unsur kreativitas, tantangan, kerja keras dan kepuasan untuk mencapai prestasi bisnis secara maksimal.      
Stoner, James: kewirausahaan adalah kemampuan mengambil faktor-faktor produksi-lahan kerja, tenaga kerja dan modal-menggunakannya untuk memproduksi barang atau jasa baru. Wirausahawan menyadari peluang yang tidak dilihat atau tidak dipedulikan oleh eksekutif bisnis lain.
Secara sederhana, saya menterjemahkan kewirausahaan adalah sebuah sikap yang diperlukan untuk memulai sebuah bisnis dan mengembangkannya.
Hanya orang dengan jiwa atau ilmu kewirausahaan sanggup melihat peluang-peluang yang tidak dilihat orang banyak dan mampu memanfaatkan peluang itu untuk kepentingan bisnisnya.
Orang dengan jiwa kewirausahaan yang baik, sanggup melihat potensi, melihat sambungan mata rantai antara kebutuhan dan pasokan serta potensi kompetisi dan sekali lagi bisa dan sanggup mengelolanya menjadi sebuah peluang binsis.
Yang menarik adalah, bahwa banyak bisnis sukses dan besar berangkat dari konsep yang sangat sederhana, mudah dan sepele. Tetapi hanya orang tertentu saja yang sanggup merubahnya menjadi keuntungan usaha.


MANAJERIAL

Manajerial adalah perpaduan seni dan ilmu dalam mengatur segala sesuatunya dengan benar. Disinilah ilmu ini bermanfaat untuk mengelola apa yang sudah diciptakan oleh ilmu wirausaha.
Kata kuncinya adalah mengelola dan mengatur secara benar. Dalam hal ini harus ada kejelasan tentang kata ‘benar’ ini. Harus benar dan jelas apa yang harus dikerjakan, benar dan jelas apa prosedurnya, benar dan jelas efisiensi dan efektifitasnya, benar dan jelas target dan tujuan yang hendak dicapai dan harus serta jelas siapa yang mengerjakannya.
Pengelolaan yang benar muncul dari ilmu manajerial yang benar. Ilmu manajerial yang benar mencakup semua sisi operasional usaha. Ilmu manajerial yang benar mengantarkan semua pihak yang terlibat menuju sasaran yang sama dengan cara yang paling baik dan benar.
Ilmu ini sering dianggap sepele tetapi justru disinilah kunci sukses sebuah usaha yang sudah dibuat. Yang menjadi tantangan adalah bahwa ilmu menjadi manajer hampir tidak ada tersedia di sekolah-sekolah formal. Yang dipelajari di sekolah seringkali hanya ilmu-ilmu menjadi pelaksana bukan menjadi manajernya.
Para manajer yang saat ini menjabat kabanyakan adalah mereka-mereka yang belajar secara turun temurun dari para seniornya. Mereka banyak dipilih oleh pemilik usaha karena baik dan cocok di hati bukan karena kapasitas kerjanya.
Pemilik yang mengoperasionalkan usahanya secara langsung harus memiliki kemampuan dan kapasitas manajerial, bukan hanya sekadar kewirausahaan.
Artikel ini sudah diterbitkan di Harian Medan Bisnis pada tanggal 30 April 2018, dihalaman 7. Diperbolehkan mengcopy dan menyebarkan dengan selalu menyebutkan sumbernya.


                                                Business coaching & Training; tj@cahyopramono.com
Previous
Next Post »