Ciptakan Permintaan - Lebarkan Jurang Pemisah Dengan Pesaing



INILAH kisah cerdas yang bisa jadi inspirasi bagaimana memenangkan persaingan dengan membuat jurang pemisah yang lebar dengan para pesaingnya.
Namanya Robinson Tampubolon, Seorang Wartawan -Spesialis Olah Raga Tinju- yang tinggal di Pematang Siantar. Hingga dekade lalu, Nama itu tidak pernah lepas dari olah raga tinju di seluruh Sumatera Utara. Apapun berita tentang dunia tinju, beliaulah raja-nya.
Ketika wartawan lain hanya mengandalkan undangan dari panitia perlombaan tinju, Robinson bahkan yang menciptakan beritanya sendiri. Ia mengasai medan dunia tinju sangat dalam. Dan, yang lebih menarik adalah bahwa ia-lah yang menciptakan sesuatu untuk ia beritakan sendiri.
Fakta bahwa jika ia hanya mengandalkan pihak lain yang menyelenggarakan event tinju, jelas akan sangat lama dan kering berita. Menyadari fakta ini Robinson memutar balikkan situasi dengan memegang setir kendalinya. Ia masuk ke dalam dunia praktis tinju. Ia mengerahkan semua kemampuan dan jaringannya untuk bisa sering terjadi acara tinju. Dengan sering terselenggaranya acara tinju, berarti ia memiliki gudang berita yang bisa ia gunakan untuk tugas jurnalistiknya.
Langkahnya semakin mudah ketika ia berhasil menggalang kekuatan dan membentuk sebuah sasana tinju. Robinson-lah yang menjadi bidan sasana tinju SiantarMan Boxing Camp. Ia berhasil melibatkan banyak pihak untuk mendukung cita-cita-nya.
Dengan adanya SiantarMan Boxing Camp, ia kemudian membuat banyak event perlombaan tinju. Mengantarkan petinju-petinjunya menaiki jenjang level yang semakin tinggi, sebutlah Komang Saragih.
Robinson Tampubolon berhasil memproduksi banyak berita yang tidak bisa diimbangi oleh wartawan olahraga lainnya. Ia membuat jurang pemisah yang lebar dengan pesaingnya.

BISNIS
            Jika kita mampu membuat jarak yang lebar dengan pesaing, kita akan menguasai pasar, menguasai situasi dan mengendalikan.
            Membuat jarak dengan pesaing tidak perlu dengan menjelek-jelekkan pesaing, cukup menciptakan kelebihan-kelebihan, dan mereka akan tertinggal jauh.
            Membuat jarak dalam versi ini bisa sekali dilakukan dengan menciptakan permintaan pasar itu sendiri. Ciptakan alasan-alasan tertentu, sehingga pasar kemudian membutuhkan jasa atau produk kita.
            Selamat mencoba.


Business Coaching, Mentoring & Training tj@cahyopramono.com





Latest
Previous
Next Post »