JANGAN INGAT JADWAL PEKERJAAN DI KEPALA ANDA


KAPASITAS OTAK ANDA ADA BATASNYA



Kepala Anda benar sekali memiliki kemampuan yang luar biasa, tetapi jangan sia-siakan potensinya hanya untuk mengingat. Kerena pada level tertentu mekanisme kerja kepala anda akan crash, bertumbukan dan anda lupa.

Jika tidak lupa, biasanya rambut anda akan segera berubah warna, tidak betah tumbuh di kepala anda dan pergi menjauh…. (botak gitu… hehehe)

Kapan jadwal service ac di kantor anda, di rumah anda, di ruang rapat anda?
Kapan jadwal perpanjangan ijin usaha?
Kapan jadwal pemupukan tanaman anda?
Kapan jadwal perpanjangan STNK, SIM anda?
Kapan jadwal overhaul genset anda?
Kapan jadwal ujian semester anak sulung anda?
Kapan jadwal arisan keluarga?
Kapan jadwal berkunjung ke orang tua?
Kapan jadwal reuni SMP?
Kapan jadwal rapat evaluasi biaya?
Kapan jadwal rapat evaluasi penjualan?

Ingat, jangan simpan di kepala.

Otak anda sangat bernilai dan sia-sia hanya untuk mengingat hal-hal sepela seperti kapan tanggal janji dan jadwal yang lainnya.

PAKAI ALAT BANTU PENGINGAT DONG...


Ada yang menuliskan janjinya di buku tulis, dibawa-bawa kemana-mana. Ealah…. Itu mah teknologi 20 tahun lalu…..

Nulis pengingat di buku, bolehlah… tapi, buku itu mesti dibawa-bawa. Ribet dan tidak ringan. Siap-siap anda dianggap sekretaris desa… _( tinggal bawa stempelnya…he he he )._

Nulis pengingat di buku, baru berfungsi, jika buku dibawa, lalu buku dibaca…..
Bayangkan jika buku itu berisi 365 lembar dan anda sudah mengisinya lebih dari 100 lembar. Bagaimana anda akan mengingat dimana halaman yang berisi pengingat anda?

Disini buku tidak masuk kategori pengingat yang efektif.

Ada yang juga yang membuat catatan pengingat menggunakan sticky notes, kertas berwarna-warni yang ada lem di belakangnya, sehingga bisa ditempel di dinding didepan meja kerja kita.

Pakai sticky notes untuk mengingat boleh saja, tetapi masalahnya hanya berfungsi jika anda pas duduk di depan dinding yang tertempel pengingat itu dan…. Anda membacanya.

Bayangkan jika anda sedang pergi-pergi, apakah anda akan bawa dinding itu? Eeaaa….

Membuat pengingat menggunakan papan tulis, biar bisa dibaca lebih besar…. Boleh…. Tetapi, lagi-lagi apa anda akan nenteng tuh papan tulis kemana-mana?
Lagi-lagi apakah pesan atau pengingat itu akan berfungsi jika tidak anda baca?


PAKAI ROBOT PENGINGAT SAJA

Mudah, efektif, efisien, gratis lagi…


Robot pengingat gratis dan cerdas itu ada di HP anda yang tiap waktu anda pegang.

Namanya electronic calendar, semua hp punya program bawaannya sendiri-sendiri. Anda juga bisa menggunakan google calendar yang mudah disingkronisasi di hp dan di computer anda.

Anda tinggal menuliskan apa hal yang perlu diingat, lalu anda set kapan harus dilakukan, hari, tanggal, jam mulai dan jam selesai. Lalu anda bisa membuatnya secara otomatis mengingatkan anda kapanpun anda mau, bisa 2 jam sebelumnya, 2 hari sebelumnya, 2 minggu sebelumnya dst.

Sekali anda set pengingat itu, maka ia akan secara otomatis mengingatkan anda, bisa dengan bunyi, dengan email dan akan muncul secara otomatis dilayar hp atau computer anda. Asyik kan…..

Jika pekerjaan anda itu berulang, anda tinggal memintanya untuk mengulang; misalnya ulang tahun yang berulang tiap tahun ditanggal yang sama, atau jadwal cuci mesin ac yang harus berulang setiap 3 bulan sekali.

Nah, jika pekerjaan itu melibatkan banyak orang. Fitur calendar digital ini memungkinkan anda mengundang pihak-pihak lain untuk terlibat dan diingatkan secara otomatis.

Bisa jadi anda mengundang bawahan anda untuk rapat pada suatu hari dan jam tertentu. Anda tinggal buat agenda acaranya dan undang mereka seacara otomatis. Dan anda atau sekretaris anda tidak harus repot-repot mengingatkan bolak balik sencara manual. Biar robot itu saja yang mengingatkan secara otomatis…

Mudah bukan?


Jadi, energi besar anda tidak lagi terbuang sia-sia hanya untuk mengingat.
Anda juga tidak harus terpaksa pontang-panting mengejar pertemuan karena salah janji atau janji double pada saat yang sama.

Kunci manajeman waktu adalah, anda boleh sangat sibuk, tetapi anda pasti punya kesempatan. Tinggal lihat jadwal dan anda punya solusi untuk bertemu atau mengerjakan apapaun.

Memang, perlu latihan dan membiasakan diri. Anda pasti bisa melakukannya sendiri.

Jika anda perlu panduan, saya sering memberikan pelatihan ini kepada banyak klein. Jika diperlukan, silahkan hubungi saya.

Ratusan klien saya sudah membuktikan manfaatnya.


Medan, 10 January 2020

Cahyo Pramono
Business Coach
Sub Specialist; Family Business






No comments:

Powered by Blogger.