LUPAKAN JIKA TARGET OMSET 2020 HANYA NAIK 10 % - INSPIRASI

Breaking

it's all about growing up and human developing. especially on business coaching

4.1.20

LUPAKAN JIKA TARGET OMSET 2020 HANYA NAIK 10 %


Image result for 2020 target sales" 
2020 sudah kita mulai beberapa hari. Tanpa mengurangi rasa simpati kepada para korban bencana alam banjir dan longsor, mari kita sedikit melirik target bisnis kita tahun ini.

Selamat untuk anda yang sudah menentukan target omset 2020. Selamat bagi anda yang sudah breakdown seluruh paket menjadi pecahan-pecahan dan diterjemahkan kepada semula lapisan manajemen hingga berujud penugasan-penugasan pada level pelaksana.

Lebih selamat lagi bagi anda yang tidak juga membuat target tahun ini. Tanpa target hidup anda akan bahagia (karena anda tidak akan kemana-mana dan anda tidak tahu posisi anda dimana).

KENAIKAN


Kenaikan target bukanlah hal yang latah atau pantas-pantasnya, tetapi karena memang banyak kebutuhan yang harus dipertimbangkan.

Sebutlah komponen bahan baku, biasanya akan ada kenaikan disana-sini. Komponen ini bergerak maju karena faktor-faktor mekanisme pasar yang  bukan saja masalah suplay dan demand, tetapi juga karena faktor besar seperti kenaikan BBM, Kenaikan Harga Listrik, biaya distribusi dll.

Gaji pegawai sudah pasti tidak bisa dielakkan kenaikanya, karena faktor regulasi pemerintah dan durasi masa kerja pegawai.

Penurunan nilai rupiah sebagai akibat dari inflasi sepetinya tidak terasa, tetapi ninlai uang kita terus tergerus dari waktu ke waktu. Saya suka menggambarkan bahwa 30 tahun lalu, kita bisa berani bawa kawan-kawan ke rumah makan dengan modal 50ribu saja. Kini, pasti anda tidak berani melakukannya.

Pemerintah sering melaporkan nilai inflasi dari tahun ke tahun rata-rata 7%, tapi anda harus waspada, data itu bisa jadi berbeda di kota anda. Sangat mungkin nilai inflasi anda malah bisa sampai 2 digit.

CUMA 10% ?


Jika anda pertimbangkan 3 faktor dasar; bahan baku, energi dan inflasi, semestinya anda menyadari bahwa kenaikan target yang hanya 10% sebenarnya bisa saya katakan bukan naik, tetapi MALAH MERUGI.

Jika anda menaikkan harga jual 10% dari tahun lalu, itu juga sama saja. Anda masih MERUGI.

Jadi, kenaikan target yang hanya 10% adalah sebuah Sandiwara Bersama yang disepakati tim manajemen anda. Anda sedang merugi.

HEMAT ATAU TAMBAH VOLUME JUAL?

Ini yang perlu diperhatikan.

Penghematan sangat penting, tetapi pada skala tertentu, penghematan bukanlah solusi, karena yang anda perlukan bisa jadi adalah peningkatan volume pendapatan.

Peningkatan pendapatan dengan kenaikan harga juga bukan solusi cerdas. Karena kenaikan itu hanya mengadalkan pasar yang sudah ada.

Kini waktunya anda menambah jumlah pembeli, menambah sebaran distribusi, menambah transaksi penjualan.

Banyak sekali tulisan yang bisa menginspirasi anda untuk meningkatkan volume penjualan anda.

Yang pasti, jangan sia-siakan waktu anda dengan target pura-pura naik yang hanya 10%

jogjakarta, 03 Januari 2020
Cahyo Pramono
Business Coach
Sub Specialist; family business
0811638383






2 comments: